Sumber 2 Rezeki di saat Pandemi Corona

sumber rezeki
dimasa pandemi corona ini banyak yang mengeluh tentang rezeki yang berkurang, hilang pekerjaan, hilang sumber rezeki dan lain ssebagainya, di artikel ini kita akan membahas tentang sumber -sumber rezeki itu dari mana saja. lalu di masa-masa yang sulit seperti ini apakah sumber rezeki kita juga akan berkurang? tentu saja tidak, jika sekarang kita kehilangan pekerjaan atau kehilangan sumber rezeki maka masih ada sumber-sumber rezeki yang lain. nah, apa saja sumber-sumber rezeki tersebut?

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

dimasa pandemi corona ini banyak yang mengeluh tentang rezeki yang berkurang, hilang pekerjaan, hilang sumber pendapatan dan lain ssebagainya, di artikel ini kita akan membahas tentang sumber -sumber rezeki itu dari mana saja.

menurut kbbi rezeki adalah segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah. setiap orang sudah ditetapkan masing-masing bahkan hewan melata sekalipun sudah ditetapkan oleh Allah SWT.

lalu di masa-masa yang sulit seperti ini apakah sumber rezeki kita juga akan berkurang? tentu saja tidak, jika sekarang kita kehilangan pekerjaan atau kehilangan sumber rezeki maka masih ada sumber-sumber rezeki yang lain. nah, apa saja sumber-sumber rezeki tersebut?

Sumber 2 Rezeki

1. Usaha

setiap mansia akan mendapatkan imbalan dan akan mendapatkan hasil dari apa yang telah ia usahkan, dalam alquran surah Annajm ayat 36 Allah berfirman:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.

dalam ayat ini diterangkan bahwa manusia jika ingin mendapatkan rejeki, pahala, jabatan, dan lain sebagainya itu tergantung pada tingkat kesungguhan usahanya sendiri.

usaha yang seirus atau usaha yang sungguh-sungguh dalam bahasa arab disebut sa’a. disini kita belum berbicara bagaimana cara usahanya, tetapi kita berbicara mau usaha atau tidak, jika kita mau aja berusaha, maka Allah kasih rejekiNya.

jika kita mau bergerak maka Allah akan kasih Rejekinya. karena tidak ada rejeki yang di dapatkan hanya dengan diam saja.

2. Syukur

jika kita sudah berusaha dan sudah mendapatkan rejeki, maka hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah bersyukur.

Allah SWT berfirman:

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.
(Q.S. Ibrahim [14]: 7)

pada artikel sebelumnya kita sudah membahasa banyak tentang bersyukur, bahwasannya bersyukur bisa melipatgandakan rezeki kita beratus ratus kali lipat, tentunya ada syarat nya dan itu sangat mudah sekali bagi kita, syaratnya hanyalah kita melakukan semua itu harus fi sabilillah, maka insyaAllah kita tidak akan lagi merasakan kekurangan rejeki, karena sejatinya rejeki kita sudah ada yang mengatur, jika kita ingin nambah rejeki yang sudah diatur tadi maka kita harus bersyukur kepada Allah SWT dengan cara yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya PANDEMI TAK AKAN MENGURANGI REJEKI 1!!

demikian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, semoga bisa menjadikan kita lebih dekat lagi pada Allah SWT dan mendapatkan RidhoNya. Amin ya Rabbal Alamain.

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog