5 Perkataan Rasulullah SAW Tentang Ujian Dalam Hidup.

perkataan rasulullah ujian hidup
Sunatullah bahwa manusia hidup tak akan pernah luput dari cobaan yang telah Allah SWT design sedemikian rupa untuk makhluq-Nya in this world. Cobaan atau masalah hidup dengan berbagai varian jenis tingkatan yang ada; berat, berat banget, sedang, sedang banget, ataupun ringan.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sunatullah bahwa manusia hidup tak akan pernah luput dari cobaan yang telah Allah SWT design sedemikian rupa untuk makhluq-Nya in this world. Cobaan atau masalah hidup dengan berbagai varian jenis tingkatan yang ada; berat, berat banget, sedang, sedang banget, ataupun ringan.

Nah, terkadang ketika manusia dihadapkan dengan beberapa masalah atau cobaan, sebut saja diri kita sendiri, pasti akan banyak mengeluh atau ngeluh alias nggrundel dari pada optimis bahwa masalah itu akan bisa kita-kita selesaikan. 

Mungkin banyak dan tidak sedikit dari kita sering mendengar ceramah-ceramah ustadz, guru-guru, kyai, dsb, yang menyampaikan bahwa dalam Al-Qur’an telah disampaikan bahwa Gusti Allah SWT tidak akan membebani diri seorang hamba dengan masalah yang tidak bisa dia selesaikan atau sederhananya masalah & cobaan  dariKU untukmu sekuatmu.

Nah mungkin di tulisan kali ini untuk sobat, dulur, handai taulan, muda mudi, tua muda, dan lain lain sebagainya, kami menyampaikan bahwa disamping Allah SWT telah menjelaskan secara gamblang dan jelas rumus tentang cobaan, tidak salah atau bahkan sangat baik bahwa jika kita mengambil motivasi tentang cobaan dan masalah dari panutan terbaik kita Rasulullah Muhammad SAW. Banyak memang hadits atau perkataan beliau bertajuk tentang cobaan dan masalah dalam hidup, tapi disini akan kami coba sampaikan 5 hadits atau perkataan Rasulullah Muhammad SAW tentang ujian dalam hidup

5 Perkataan Rasulullah SAW Tentang Ujian Dalam Hidup.

1. ALLAH SAYANG KAMU

“Tidaklah seorang muslim tertimpa kecelakaan, kemiskinan, kegundahan, kesedihan, kesakitan maupun keduka-citaan bahkan tertusuk duri sekalipun, niscaya Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan apa yang menimpanya itu.” (HR. Bukhari)

2. RUMUS (IKHLAS + SABAR = SURGA)

Dari Nabi SAW., beliau bersabda: Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman: “Hai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali surga.” (HR. Ibnu Majah)

3. MAKE US BETTER THAN BEFORE

“Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi orang baik maka ditimpakan musibah (ujian) kepadanya.” (HR. Bukhari)

4. HANYA SEMENTARA

Tidaklah aku tinggal di dunia melainkan seperti musyafir yang berteduh di bawah pohon dan beristirahat lalu musyafir tersebut pergi meninggalkannya.” (HR. Tirmidzi)

5. MASALAH SELESAI JANGAN LUPA ORANG LAIN (JADILAH ABADI)

“Barang siapa yang meringankan kesulitan seorang mukmin dari kesulitan dunia, maka Allah akan meringankan kesulitannya dari kesulitan di hari kiamat. Barang siapa yang memudahkan orang yang tertimpa kesulitan, maka Allah akan memudahkan kepadanya di dunia & akhirat. Barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia & akirat. Allah akan membantu hamba-Nya selagi hamba tersebut membantu saudaranya”. (HR. Muslim)

Konco dan dulur semua, itulah 5 perkataan Rasulullah Muhammad SAW tentang cobaan or masalah yang sering kita jumpai dalam mengarungi kehidupan di dunia ini dengan macam-macam varian rasa & tingkatan. Intinya..

kalau ada masalah berarti Allah sayang sama kita so… jalanin aja dengan sabar & ikhlas because… Allah mau kita jadi orang yang lebih baik, dan pastinya masalahmu tak selamanya ada alias gak kekal karena yang kekal hanyalah Allah SWT semata, dan terakhir jangan lupa bantu orang lain biar nanti kita juga dibantu…..

Wallahu a’lam bisshowab

Baca Juga: 2 Sholat Malam, Tahajud Dan Witir Serta Pelaksanaannya Di Bulan Ramadan

Penulis: Akhlis Azamudin

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog