Perilaku anak adalah cermin dari perilaku orangtua

Perilaku ANAK ADALAH CERMINAN ORANGTUA
“Buah tak jatuh jauh dari pohonnya”. mestinya kita pernah mendengarkan ungkapan tersebut. memang ada benarnya istilah tersebut, lalu bagaimana cara menjadi contoh yang baik bagi anak? apa saja yang mempengaruhi perilaku anak?

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Apa benar perilaku anak meniru perilaku orangtua?

Perilaku anak bisa menjadi sebuah cermin pribadi orangtuanya. Saat masih kecil, anak belajar dari lingkungan sekitarnya dan lingkungan terdekat adalah keluarga. Anak melihat apa yang dilakukan orangtuanya, mencontoh kebiasaan-kebiasaan mereka, dan merekam kata-kata yang diucapkannya.

“Buah tak jatuh jauh dari pohonnya”. mestinya kita pernah mendengarkan ungkapan tersebut. memang ada benarnya istilah tersebut karena perilaku anak terbentuk dari komunitas terkecil dalam kehidupannya, yakni keluarga.

Secara lebih khusus lagi, anak meniru perilaku orangtuanya. Ya, ayah dan ibu memang punya peran penting dalam membentuk karakter anak di masa depan. Bahkan, sebagian orang menganggap perilaku anak adalah cerminan orangtua. Apakah ini sepenuhnya tepat?

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya mempunyai perilaku yang baik. Namun terkadang orangtua tak menyadari bahwa pendidikan perilaku yang paling utama berada dalam keluarga. Keluarga menjadi sumber nilai bagi anak. Nilai-nilai itulah yang akan menjadi dasar perilakunya saat dewasa.

Hal-Hal yang mempengaruhi perilaku anak

ternyata perilaku anak tidak hanya dipengaruhi perilaku orangtua, perilaku anak bisa jadi dipengaruhi beberapa hal, diantaranya:

  1. Orangtua
  2. Teman
  3. Sekolah
  4. Lingkungan

Bagaimana Cara menjadi uswatun hasanah yang baik kepada Anak?

Ingin anak Anda punya perilaku yang baik? Berikut cara memberikan contoh perilaku baik kepada anak:

  • Sebelum memberi contoh perilaku, pahami dulu kalau tidak ada orangtua yang sempurna. Kalaupun masih ada salah-salah, hal itu tidak masalah. Yang penting, Anda dan pasangan terus belajar dan memperbaiki kesalahan.
  • Sebisa mungkin dalam membentuk perilaku anak, Anda tidak memberikan ancaman agar anak menurut.
  • Orangtua juga perlu teredukasi dan sering merefleksikan diri apakah setiap perilaku yang dilakukan ke anak itu sudah tepat atau belum.
  • Ajak anak untuk menghargai setiap hal kecil yang dilakukan. Misalnya, jika anak berhasil melakukan sesuatu, apresiasilah. Sebaliknya, jika anak berbuat kesalahan, beritahu dengan cara yang baik agar tak lagi terulang.

jadi, sudah selayaknya kita sebagai orangtua harus memberikan contoh serta Menanamkan Nilai dan Kebiasaan Baik dirumah. Agar anak terbiasa mengikuti dan mencontoh kebiasaan baik itu…

baca juga: Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Sumber: Keluarga Hamzi

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog