3 langkah Panduan Hidroponik untuk Pemula

3 langkah panduan hidroponik untuk pemula
Anda suka berkebun hidroponik? Ingin punya kebun sendiri yang bebas bahan kimia? Mulailah dengan berkebun hidropnik. Belakangan ini tidak sedikit orang-orang yang ingin mempunyai kebun hidropnik sendiri

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Anda suka berkebun ? Ingin punya kebun sendiri yang bebas bahan kimia? Mulailah dengan berkebun hidropnik.  Belakangan ini tidak sedikit orang-orang yang ingin mempunyai kebun hidropnik sendiri, berdirinya komunitas-komunitas hidropnik di berbagai daerah membuktikan bahwa berkebun dengan cara hidroponik lebih digemari daripada berkebun dengan cara biasa. Berkebun dengan cara hidroponik memang dinilai lebih mudah di samping bebas bahan kimia, berkebun dengan cara ini juga lebih fleksibel, efektif dan efisien, serta hasilnya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual. Harganya pun sangat selisih karena tanaman hidroponik bebas dari zat pestisida dan bahan kimia lainya.

Langkah Pertama untuk mempersiapkan Kebun Hidropnik pertama anda yaitu :

Sistem Hidroponik

Dalam dunia hidropnik terdapat berbagai system diantaranya adalah : Aeroponik, NFT, Drip System, Ebb & Flow, DFT, Wick, Water Culture dan Fertigasi. Diantara Sistem-sistem tersebut yang paling direkomendasikan adalah sistem DFT, NFT, dan Wick. Untuk pembahasan sistem-sistem di atas akan dibahas di artikel yang akan datang. Pilihlah sistem yang pas dengan budget Anda, jika budget anda lebih Anda boleh memilih sistem wick sebagai pilihan yang tepat. Karena sistem merupakan sistem yang paling sederhana dalam dunia hidroponik. Namun, jika budget anda lebih, kami sarankan untuk memilih sistem NFT dan DFT.

Memilih apa yang akan di tanam

Pada dasarnya semua tanaman bisa tumbuh dengan sistem hidroponik, namun untuk pemula sebaiknya mulai dari yang kecil terlebih dulu. Tumbuh-tumbuhan dan sayuran dalah pilihan yang tepat karena tumbuh dengan cepat, tidak perlu banyak perawatan, dan tidak membutuhkan berbagai macam nutrisi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik sistem anda , akan sangat mengecewakan jika anda menanam berbulan-bulan hingga panen dan mengetahui bahwa sistem anda tidak begitu baik. Tanaman yang tidak memerlukan terlalu banyak perawatan sangat baik bagi pemula, dengan begitu anda akan lebih fokus untuk mempelajari sistem anda.

Tanaman yang bagus untuk pemula

Tanaman yang bagus untuk pemula adalah yang bisa tumbuh dengan cepat, berikut adalah tanaman yang kami rekomendasikan:

  • Sawi
  • Kangkung
  • Selada
  • Bayam

Baca juga: Jika Zakat Menjadi Sumber APBN
penulis: Ihsan Fauzi

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog