Mempersiapkan datangnya Kematian

Setiap makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah akan kembali atau mati disaat yang telah ditentukan oleh Sang Pencipta seperti apa yang tercantum dalam surat al Imran ayat 185 bahwa setiap manusia akan merasakan kematian. Tidak dapat diketahui kapan dan bagaimanakah hal itu datang kepada kita

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Mempersiapkan datangnya kematian

Setiap makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah, akan kembali atau mati disaat yang telah ditentukan, oleh Sang Pencipta, seperti apa yang tercantum dalam surat al Imran, ayat 185, bahwa setiap manusia akan merasakan kematian.

tak dapat diketahui kapan & bagaimanakah, hal itu datang kepada kita semua karena hal demikian merupakan rahasia yang hanya Dia Allah SWT yang tahu. Tugas kita sebagai makhluknya, adalah berusaha untuk mencari bekal, setelah kematian datang, serta bertawakkal kepada-Nya.


Seorang mukmin yang cerdas adalah, mereka yang mempersiapkan dirinya, untuk menghadapi kematian. seperti apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, dari hadits yang disepakati oleh ulama-ulama hadits, bahwa orang cerdas adalah, orang yang rendah diri, dan beramal untuk kehidupan setelah kematian, dan orang lemah adalah, orang yang mengikutkan dirinya, pada hawa nafsunya, dan berangan-angan atas Allah (HR. Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya). Lalu bagaimanakah cara kita mempersiapkan, datangnya sebuah kematian, yang tidak diduga kedatangannya.

Memperbaiki niat

Seperti apa yang disampaikan dalam hadits Umar bahwa, setiap pekerjaan akan mendapatkan hasil, seperti apa yang dia niatkan. Ketika kita berniat buruk maka keburukanlah yang didapat. Ketika berniat baik maka kebaikanlah yang akan didapat. Dengan kata lain niat adalah intisari dari segala perbuatan. Maka sudah sepatutnya kita niatkan bahwa, perjalan hidup ini adalah untuk mencari kebaikan, dan Ridho Allah SWT. Menjadikan Khusnul Khotimah, sebagai cita-cita tertinggi, ketika kembalinya kita kepada Allah SWT.

Mencari Bekal Abadi

Dalam Hadits Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah r.a. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa ketika seseorang mati atau meninggal, akan terputus segala amal kecuali tiga perkara:

sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh. (HR. Muslim No. 1631). Bersedekah jariyah diaktualisasikan, dengan memberikan sebagian harta, untuk kepentingan umat yang bersifat kekal, dan terus menerus ada. Hal ini mungkin bisa dilakukan menyedekahkan sebagian harta untuk, pembangunan masjid, ataupun prasarana umum untuk kepentingan bersama.

Ilmu yang bermanfaat, sebagai sedekah dengan pahala abadi, dan do’a dari seorang anak sholeh terhadap diri orang tuanya. 3 hal tersebut bisa kita persiapkan, ketika kita masih menghembuskan nafas di dunia untuk mempersiapkan, bekal kita di alam kubur,

Ikhtiar dan Tawakkal

Kedua, hal tentang niat dan amal jariyah, merupakan upaya atau ikhtiar seorang hamba, untuk mempersiapkan diri menghadapi kematian. Tidak terpatok akan dua hal tersebut dalam berikhtiar mencari bekal, menghadapi kematian. Segala perbuatan baik dengan niatan, mendapatkan ridho Allah SWT, juga merupakan bentuk ikhtiar mencari bekal, dalam menghadapi sebuah kematian yang tidak tahu kapan akan datang.

Setelah seluruh ikhtiar dan usaha kita lakukan, untuk mendapatkan bekal, yang terakhir adalah berdo’a dan tawakkal kepada Allah.

berdoa agar kita diberikan keselamatan, dan khusnul khotimah ketika kematian menjemput kita. Berdoa supaya iman dan ketakwaan, senantiasa melekat dalam jiwa dan raga hingga kematian hadir membawa kita. Wallahu a’lam bisshowab.

Text by: Akhlis Azzamudin Tiffani

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog