KUNCI KESUKSESAN ADALAH ISTIQAMAH

Sukses
Semua kegiatan baik akan mendatangkan dan didampingi malaikat. Sebaliknya kegiatan buruk akan mendatangkan setan dan didampinginya. Salah satu kunci kesuksesan manusia di dalam setiap aktifitasnya adalah keistiqamahannya

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Refleksi Surat Fushilat Ayat 30-31

Semua kegiatan baik akan mendatangkan dan didampingi malaikat. Sebaliknya kegiatan buruk akan mendatangkan setan dan didampinginya. Salah satu kunci kesuksesan manusia di dalam setiap aktifitasnya adalah keistiqamahannya dalam menjalankan aktifitas tersebut, di dalam Surat Fushilat ayat 30-31 Allah SWT berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ ، نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنْفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ

Artinya:

30. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan Kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan Surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.

31. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.

Tafsir Jalalayn:

30. (Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Rabb kami adalah Allah,” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka) dalam ajaran tauhid dan lain-lainnya yang diwajibkan atas mereka (maka malaikat akan turun kepada mereka) sewaktu mereka mati. (“Hendaknya kalian jangan merasa takut) akan mati dan hal-hal yang sesudahnya (dan jangan pula kalian merasa sedih) atas semua yang telah kalian tinggalkan, yaitu istri dan anak-anak, maka Kamilah yang akan menggantikan kedudukan mereka di sisi kalian (dan bergembiralah dengan Surga yang telah dijanjikan Allah kepada kalian.)

31. (Kamilah pelindung-pelindung kalian dalam kehidupan dunia) artinya, Kami memelihara kalian di dalamnya (dan di akhirat) maksudnya, Kami akan selalu bersama kalian di akhirat hingga kalian masuk Surga (di dalamnya kalian memperoleh apa yang kalian inginkan dan memperoleh pula di dalamnya apa yang kalian minta) berupa semua kenikmatan yang kalian minta.

Istiqamah adalah sikap konsisten di atas kebenaran, baik secara lahir maupun secara batin, bahkan Nabi SAW sendiri telah Allah SWT perintahkan untuk beristiqamah seperti dalam Firman-Nya QS. Hud: 112:

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya:

Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan

Ayat ini adalah pemenang bagi orang yang beriman, obat mujarab bagi hati yang resah. Inilah kandungan ayat tersebut:

  1. Allah SWT. Menegaskan bahwa orang yang menyatakan bahwa Tuhanyya hanya Allah SWT. Dan istiqamah (lurus taat ajaran islam dan ajeg konsisten, tidak mencla mencle, bener dan pener, maka malaikat akan turun, dan Allah SWT menyiapkan Surga asalkan kita bisa membersihkan hati.
  2. Semua jenis kebaikan yang kita lakukan pasti mendatangkan Malaikat.
  3. Semua jenis kejahatan pasti mendatangkan Setan.
  4. Maka gunakan semua aktifitas kehidupan ini agar selalu bernilai Ibadah kepada Allah SWT semata, dengan cara meluruskan niat dan diiringi dengna do’a supaya sampai kepada Allah SWT.

Wallahu a’lam bis shawab

Baca Juga: Banyak dosa? beginilah cara merubah dosa menjadi pahala

Penulis: Abdul Khair

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog