4 Kriteria Jodoh Terbaik Menurut Islam

kriteria jodoh menurut islam
Setiap orang ditakdirkan berjodoh, hanya saja kita tidak tahu akan berjodoh dengan siapa dan akan menemukan jodoh kapan. ini 4 Kriteria Jodoh Terbaik Menurut Islam

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email


Setiap orang ditakdirkan berjodoh, hanya saja kita tidak tahu akan berjodoh dengan siapa dan akan menemukan jodoh kapan. Dan yang gak kalah membingungkan adalah jodoh seperti apa yang baik buat kita. Maka dari itu Rasulullah memberikan kriteria jodoh terbaik sesuai Islam.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mencari jodoh dengan mempertimbangkan empat hal, inilah 4 Kriteria Jodoh Terbaik Menurut Islam

Kecantikan atau ketampanan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa seseorang melihat lawan jenis dari bentuk wajahnya. Maka Islam pun juga membolehkan faktor ini menjadi sebuah pertimbangan untuk memilih jodoh. Tapi bukan berarti cantik atau tampan adalah pertimbangan utama.

Agama

Islam mewajibkan pemeluknya untuk menentukan jodoh yang seiman, bahkan seiman aja belum cukup harus memiliki akhlak yang baik dan memiliki iman yang kuat.

Keturunan

Keturunan menjadi alasan untuk menentukan pasangan hidup, karena keluarga yang baik akan melahirkan keturunan yang baik pula, begitu juga sebaliknya.

Harta

Kesetaran dalam Islam pun juga dianjurkan. Jadi memilih pasangan yang sepantaran hartanya juga lebih baik. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi permasalah di masa yang akan datang.

Itu semua hanya anjuran yang merupakan sunnah nabi, karena dengan siapa kita berjodoh hanya Allah lah yang maha tahu. Maka carilah pendamping yang benar-benar bisa membuat hidup kita lebih baik.

Baca Juga: Kerja keras, Belajar Keras, dan Berdo’a Keras

Text by: Irkham Firdaus

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog