Kewajiban Suami dan Istri setelah menikah

kewajiban istri dan suami
Keluarga yang Samawa memang diidamkan bagi setiap pasangan suami istri, Dalam islam membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan warrahmah menjadi salah satu bentuk ibadah bagi kita sebagai muslim dan muslimah. Lalu apa saja kewajiban suami dan istri setelah menikah dalam upaya membangun keluarga yang samawa?

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Keluarga yang Samawa memang diidamkan bagi setiap pasangan suami istri, Dalam islam membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan warrahmah menjadi salah satu bentuk ibadah bagi kita sebagai muslim dan muslimah. Lalu apa saja kewajiban suami dan istri setelah menikah dalam upaya membangun keluarga yang samawa?

Membangun keluarga yang harmonis secara syariat islam tentu akan membuat rumah tangga sebagai surga bagi anggotanya.

Pernikahan yang mampu memberikan surga bagi suami, pernikahan yang mampu menjadikan seorang istri sebagai bidadari surga dan pernikahan yang mampu menghasilkan keturunan yang sholeh dan sholehah.

Memang tidak akan menjadi hal yang mudah untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah karena perlu kerja sama yang baik antara suami dan istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Kewajiban Suami setelah menikah

Sebagai kepala rumah tangga seorang suami harus bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar, Berikut ini beberapa kewajiban Suami setelah menikah, yang harus diketahui para suami Yaitu :
-Menjadi Pemimpin Rumah tangga
-Mengajarkan Ilmu Agama
-Menghindari berbuat buruk kepada istri
-Tetap berbakti kepada Orang tua
-Terus memperbaiki diri
-Memberi nafkah
-Memelihara harga diri keluarga
-Melindungi istri dan anak
Semoga Para suami bisa menjalankan kewajibannya dengan baik.

Kewajiban Istri setelah menikah

Peran istri di dalam keluarga memang sangat besar dan akan memiliki pengaruh yang cukup besar.

Istri merupakan ibu rumah tangga yang akan memberikan didikan pada anak sejak usia dini. Bagaimana anak akan tumbuh dan berkembang sangat tergantung pada peran seorang istri, istri juga yang akan mengatur semua hal yang berhubungan dengan keluarga seperti pemenuhan kebutuhan pokok maupun sekunder dalam keluarga, orang yang akan membelanjakan uang yang diberikan oleh suami, istri juga orang yang akan mengatur agar rumah tetap nyaman dan kondusif untuk ditinggali dan istri yang akan memberikan pelayanan pada semua anggota keluarga.

Secara umum ketiadaan seorang istri di dalam keluarga akan sangat berpengaruh pada kondisi rumah dan keluarga.

Karena kita tidak dapat memungkiri jika posisi istri yang menjadi pengatur di rumah dan menjadi orang yang akan mendidik anak-anakn menjadi generasi yang sholeh dan sholehah ini memang menjadi roda penyeimbang dalam rumah tangga.

Berikut ini beberapa kewajiban Istri setelah menikah, yang harus diketahui para istri : .
– Mengikuti imam keluarga
– Bersikap Taat pada suami
– Berbuat kebaikan dalam keluarga – Menjaga Aurat
– Tidak berhias dan bertingkah laku seperti orang jahiliah

Semoga Para Istri bisa menjalankan kewajibannya dengan baik.

Sumber: Keluarga Hamzi

Baca Juga: Kapan dan Bagaimana cara minum kopi yang aman disaat bulan puasa?

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog