Hijab: Apakah hijab adalah Adat Bangsa Arab?

Hijab Adat Arab
Hijab telah menjadi identitas seorang muslimah, karena berhijab memiliki maksud dan tujuan penting bagi wanita tersebut, Apakah hijab adalah Adat Bangsa Arab?

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Hijab telah menjadi identitas seorang muslimah, karena berhijab memiliki maksud dan tujuan penting bagi wanita tersebut, seperti menjaga kehormatan wanita dari laki-laki yang mata kranjang dan memberikan kecantikan lebih bagi wanita tersebut.

Memang dulunya perintah berhijab bermula dari adat Arab, yang bertujuan untuk membedakan antara wanita budak dan merdeka. Wanita merdeka harus menggunakan Hijab, sedangkan budak tidak. Hal ini juga sesuai perintah Allah untuk berhijab bagi istri-istri Nabi dan orang-orang beriman saja.

Namun, dapat kita pahami sejati perintah hijab bukanlah semata-mata untuk orang Arab saja, tapi untuk seluruh umat muslim. Selain itu Allah Swt juga berfirman dalam ayat lain:

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.

(QS.An-Nuur: 31)

Begitu detail dan jelas perintah Allah kepada wanita untuk berhijab. Ayat ini juga menjelaskan tentang bagaimana berhijab yang benar dan siapa-siapa yang boleh melihat wanita tanpa berhijab. Maka jelas bahwa berhijab tidak hanya sebuah adat bangsa Arab.

Lalu kenapa tetap ada wanita berhijab yang dilecehkan laki-laki jahat?
Hal itu karena kebiadapan laki-laki itu sendiri, atau bahkan kesalahan wanita itu sendiri. Tapi seharusnya kita percaya kepada Allah bahwa wanita berhijab akan lebih dilindungi oleh-Nya.

Baca Juga: Manfaat Saling Memberi Hadiah

Penulis : Irkham Firdaus

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog