Banyak Dosa? Beginilah Cara Merubah Dosa Menjadi Pahala

dosa jadi pahala
Begitu banyak dosa yang kita kumpulkan selama hidup. Dosa yang tak terhitung bagaikan pasir, dosa yang sangat besar bagaikan gunung, semua itu terjadi begitu saja, seolah-olah telah menjadi tabiat manusia untuk mengumpulkan dosa-dosa.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Begitu banyak dosa yang kita kumpulkan selama hidup. Dosa yang tak terhitung bagaikan pasir, dosa yang sangat besar bagaikan gunung, semua itu terjadi begitu saja, seolah-olah telah menjadi tabiat manusia untuk mengumpulkan dosa-dosa.

Namun jangan kuatir, Allah Swt adalah tuhan yang maha pengampun, sehingga bisa merubah dosa kita menjadi pahala,begini caranya Dosa yang dilakukan akan berubah menjadi pahala dengan bertobat. Sebagaimana yang dijelaskan oleh ustad Khalid Basalamah dalam kanal YouTube Lampu Islam, bahwasannya orang-orang yang akan bertobat dari dosanya dia akan mendapatkan imbalan berupa kenikmatan surga. Begitu meninggal tidak ada lagi hisabnya, hal ini telah dijelaskan dalam firman Allah Swt:

Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, Maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun, (QS. Maryam: 60)

Kemudian jika hamba Allah bertobat, maka dosa-dosa yang telah dilakukan karena ketidaktahuan, akan diganti oleh Allah dengan sebuah pahala, asalkan dosa tersebut berhubungan dengan dosa terhadap Allah saja, seperti tidak salat dan tidak puasa.

Hal ini telah dijelaskan dalam firman Allah Swt.:

Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Furqan: 70)

Begitu mudah cara merbah dosa menjadi pahala. Karena Allah maha pengampun, maka bertobatlah dengan sebaik mungkin. Lalu yang menjadi catatan, jika bertobat maka jangan mengulangi dosa tersebut.

Baja Juga: Hijab: Apakah Hijab adalah Adat Arab?

Penulis: Irkham Firdaus

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog