Kapan dan Bagaimana cara minum kopi yang aman disaat bulan puasa?

kapan dan bagaimana cara minum kopi yang aman di bulan puasa
Minum kopi memang nikmat disaat pagi hari, namun berhubung bulan ini lagi bulan puasa, jadi kapan waktu yang aman untuk minum kopi di saat puasa gini?

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Minum kopi memang nikmat disaat pagi hari, namun berhubung bulan ini lagi bulan puasa, jadi kapan waktu yang aman untuk minum kopi di saat puasa gini?

Bagi para pecinta kopi  yang sudah kecanduan dengan kopi pasti tak bisa lepas dari minuman ini walau Cuma  sehari . Rasanya ada yang kurang kalau belum ngopi, atau ada gejala seperti tubuh lemes atau kepala pusing.

penelitian jurnal Neuropsychobiology mengatakan, kopi dapat membantu meningkatkan energi sehingga tubuh tak terasa lemas. Minuman seperti inilah yang biasanya kita butuhkan ketika Puasa Ramadan seperti sekarang ini.

Tapi dibalik manfaat tersebut ternyata ada juga bahanya lho, kopi bisa meyebabkan asam lambung jika diminum ketika perut kosong. Jadi jangan coba-coba minum kopi ya saat perutmu kosong, isilah dahulu perutmu dengan makanan terlebih dahulu walaupun sedikit.

Tidak Cuma itu, sebuah studi telah membuktikan bahwa kopi bisa menyebabkan dehidrasi, karena meningkatnya frekuensi buang air kecil dan besar.

Tapi Daniel Vigil, profesor ilmu kesehatan keluarga di University of California Los Angeles, beliau mengatakan, meski kafein menimbulkan efek diuretik tapi tak akan membuat kita sampai dehidrasi.

“Ketika kamu minum segelas kopi atau es teh, kamu juga mendapatkan asupan cairan yang cukup bersama dengan kafein tersebut,” ujarnya seperti dilansir TIME.

Lantas, kapan dan bagaimana cara yang tepat untuk minum kopi ketika bulan puasa?

Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, Medical Advisor dari Bayer Indonesia, menyatakan minum kopi selama bulan puasa sah-sah saja dilakukan. Asalkan tidak diminum untuk menu berbuka puasa. Berilah sedikit jeda waktu beberapa jam setelah berbuka puasa agar tubuh beradaptasi terlebih dahulu, baru setelahnya kopi favoritmu boleh diminum.

Adapun untuk jeda waktu yang dianjurkan adalah 2 jam setelah berbuka puasa. Dalam rentang waktu tersebut tubuh sudah mulai beradaptasi dan perut telah terisi oleh makanan takjil. Dikutip dari Cleveland Clinic Abu Dhabi

Jika kamu masih ragu atau kamu memiliki masalah dengan perutmu, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, Biar kamu bisa menikmati kopi di bulan puasa dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: 7 Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Ramadan, Nomor Tujuh Sangat Mengejutkan!!!

Penulis: Ihsan Fauzi

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog