Berapa lama berbagai macam makanan ini dicerna? dan mengapa penting untuk diketahui??1

makanan sayur matang dalam perut
Jika Anda memiliki banyak makanan yang dapat cepat dicerna, mungkin anda menyadari bahwa anda makan lebih dari yang seharusnya, dan setelah Anda memakannya, semuanya hilang dan Anda merasa lapar lagi. Nah, jenis makanan ini memberi Anda dorongan energi yang cepat - dengan kata lain, peningkatan kadar glukosa. Meskipun dorongan energi terdengar bagus, jika tubuh Anda dibanjiri dengan glukosa dan itu tidak terpakai, maka sisanya akan berubah menjadi lemak.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Dalam kehidupan sehari-hari, dampak pencernaan pada penurunan berat badan sangatlah signifikan. Seperti yang sering pepatah katakan, kita adalah apa yang kita makan. maka hati -hati dalam memilih makanan.

Ya Tentu saja, waktu pencernaan yang tepat bergantung pada kesehatan fisik individu, metabolisme, usia, dan bahkan jenis kelamin, tetapi, secara umum, beberapa makanan akan masuk ke dalam tubuh Anda dalam waktu singkat, sementara makanan yang lain akan mengembara berkeliling di sistem pencernaan Anda untuk waktu yang sementara.

Barko Group menyiapkan artikel ini untuk membantu Anda menjalankan diet yang seimbang. dalam istilah lain waktu pencernaan adalah prosedur ketika makanan yang Anda makan terurai menjadi partikel-partikel kecil yang ditransfer melalui sistem usus Anda ke aliran darah. proses ini akan memakan waktu sesuai dengan jenis makanan yang masuk dalam perut.

Sangat penting untuk memahami waktu pencernaan untuk menurunkan berat badan atau untuk mempertahankan apa yang telah Anda capai. prinsip dalam menurunkan berat badan adalah kalori yang masuk dalam tubuh kita harus lebih sedikit daripada kalori yang kita keluarkan. hampir mustahil jika seseorang itu diet tapi mengabaikan prinsip tersebut diatas.

Jika Anda memiliki banyak makanan yang dapat cepat dicerna, mungkin anda menyadari bahwa anda makan lebih dari yang seharusnya, dan setelah Anda memakannya, semuanya hilang dan Anda merasa lapar lagi. Nah, jenis makanan ini memberi Anda dorongan energi yang cepat – dengan kata lain, peningkatan kadar glukosa.

Meskipun dorongan energi terdengar bagus, jika tubuh Anda dibanjiri dengan glukosa dan itu tidak terpakai, maka sisanya akan berubah menjadi lemak. maka usahakan ketika setelah makan lakukan aktivitas – aktivitas kecil dan ringan, jangan sampai sama sekali tidak melakukan kegiatan apapun, seperti tidur, rebahan atau aktivitas lain yang tidak membuang kalori.

Makanan yang lambat dicerna meningkatkan kadar gula dalam darah Anda menjadi jauh lebih lambat, memberikan energi yang lebih stabil dan seimbang. hal ini sangat cocok ketika anda adalah seorang musafir, atau traveler. ini membantu anda menahan lapar di kala anda sedang dalam perjalanan, karena aktivitas perjalanan adalah aktivitas yang cukup menguras kalori, akibatnya kita akan lebih cepat lapar daripada orang yang tidak melakukan aktivitas perjalanan, contoh: kerja kantoran.

Tetapi jika Anda hanya makan makanan yang dicerna dengan sangat lambat, itu akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja secara maksimal sepanjang waktu dan itu bisa sangat berat bagi tubuh Anda. maka sangat di rekomendasikan untuk menyeimbangkan makanan yang mudah di cerna dan sus sah untuk dicerna.

Para pakar dan ahli sangat menyarankan untuk tidak mencampurkan jenis makanan cepat dan lambat dalam satu kali makan dan hindari makan makanan cepat saji terlalu cepat setelah lambat, karena pencernaan belum selesai, sehingga perut Anda tidak terbebani secara berlebihan.

Waktu terbaik untuk mengolah makanan yang memiliki komponen dengan waktu pencernaan berbeda adalah saat makan siang saat sistem pencernaan Anda paling aktif. jika anda diet maka usahakan jangan makan apapun di malam hari ya.

Makanan untuk sarapan dan makan malam harus lebih sederhana dan sebaiknya dengan produk yang cepat dicerna, sehingga Anda mendapatkan dorongan energi segera setelah sarapan dan membiarkan perut Anda istirahat di malam hari. untuk pagi hari anda bisa srapan dengan makana yang mudah di cerna seperti sayur atau buah buahan, dan untuk siang hari silahkan anda bebas untuk makan apapun dengan catatan tidak berlebihan.

Lama waktu makanan untuk dapat dicerna

berikut adalah berbagai macam makannan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencernanya:

Air Putih membutuhkan 0 menit untuk di cerna
1. kentang dalam perut
Kentang membutuhkan 90 – 120 menit untuk dicerna
Sayuran membutuhkan 30-40 menit untuk dicerna
Kacang membutuhkan 180 menit untuk di cerna
Produk susu membutuhkan 120 menit untuk di cerna
Buah dan sayuran membutuhkan 15-20 menit untuk di cerna
Daging membutuhkan 180 menit untuk di cerna
Daging ikan membutuhkan 45-60 menit untuk di cerna
Sayur matang membutuhkan 40 menit untuk di cerna
Daging Ayam membutuhkan 90-120 menit untuk di cerna

Apakah Anda makan lebih banyak makhana yang lambat dicerna atau dicerna dengan cepat?

Baca Juga: Kewajiban Suami Dan Istri Setelah Menikah

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog