7 Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Ramadan, Nomor Tujuh Sangat Mengejutkan!!!

Peristiwa Bulan Ramadan
Usut punya usut ternyata Allah SWT juga memuliakan bulan Ramadhan dengan banyak kejadian-kejadian penting bagi umat manusia terkhusus Umat Muslim. Kejadian-kejadian tersebut seolah mengisyaratkan bahwa memang bulan Ramadhan adalah bulan dengan seribu kebaikan yang hadir bagi Umat Muslim di manapun berada. Berikut beberapa kejadian-kejadian penting pada bulan Ramadhan yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber.

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sebuah bulan yang sangat spesial bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan Ramadhan. Diterangkan dalam banyak hadits dan ayat-ayat al-Qur’an tentang fadhilah (keutamaan) bulan Ramadhan yang seolah kebaikan dan pahala berjibun datang untuk umat muslim dan mukmin pada bulan ini.

Usut punya usut ternyata Allah SWT juga memuliakan bulan Ramadhan dengan banyak kejadian-kejadian penting bagi umat manusia terkhusus Umat Muslim. Kejadian-kejadian tersebut seolah mengisyaratkan bahwa memang bulan Ramadhan adalah bulan dengan seribu kebaikan yang hadir bagi Umat Muslim di manapun berada. Berikut beberapa kejadian-kejadian penting pada bulan Ramadhan yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber.

1. PERISTIWA TURUNNYA AL-QURAN

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran sebagai kitab suci Umat Muslim. Peristiwa itu disebut sebagai Nuzulul Quran.

Malam dimana Rasulullah SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya ketika sedang berada di Gua Hira’ pada suatu malam di bulan Ramadhan yang menurut para ahli sejarah diperdiksikan tahun itu adalah tahun 610 Masehi.

Banyak teori yang membahas bagaimanakh al-Quran diturunkan ke muka bumi, sahabat-sahabat bisa membaca di beberapa sumber yang berada pada buku ataupun situs-situs yang memuat dan membahas tentang hal tersebut.

2. PERANG BADAR

Perang ini adalah salah satu perang pertama yang dijalani oleh Rasulullah SAW bersama Umat Muslimkala itu. Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadan, dua tahun setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Perang tersebut berujung kemenangan di tangan Umat Muslim dengan kenyataan di luar logika.

Kala itu umat muslim berjumlah sekitar 313 orang sedangkan kamu kafir Quraisy yang menjadi musuhnya berjumlah sekitar 950 orang dengan persenjataan yang sangat baik, bisa dikatakan bahwa perang tersebut setiap orang dari Umat Muslim berhadapan dengan 3 orang kafir Quraisy.

Pertolongan Allah SWT adalah nyata. Itulah pelajaran yang bisa kita ambil dari perang tersebut bahwa ketika Allah SWT berkehendak maka segalanya mungkin untuk dilakukan. Saat itu Allah SWT menunjukkan kuasanya dengan memberikan kemenangan besar kepada Umat Muslim pada Perang Badar kala itu.

3. PERANG TABUK DAN KEMENANGAN ISLAM

Rasul mendengar jika di daerah Tabuk pasukan Bizantium tengah mengumpulkan kekuatan yang sangat besar untuk menaklukkan Hijaz. Khawatir akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, kemudian beliau menghimpun sekitar 70 ribu pasukan untuk berangkat ke Tabuk dan memerangi pasukan Bizantium.

Ini adalah pasukan Muslim terbanyak yang pernah tercatat dalam sejarah. Memang sangat logis karena Bizantium adalah kerajaan besar dan kuat. Pasukan Rasul pun pada akhirnya sampai ke Tabuk, tapi tak menemui satu pun batang hidung pasukan Bizantium. Menurut kabar, pasukan Bizantium seperti agak ketakutan begitu mendengar pasukan Muslim akan ke Tabuk. Nah, peristiwa ini sendiri juga berlangsung di bulan Ramadhan.

4. FATHU MAKKAH (PEMBEBASAN KOTA MAKKAH)

Berawal dari pelanggaran kaum Quraisy terhadap perjanjian Hudaibiyah, pada tanggal 10 Ramadan 8 H, Rasulullah SAW dan 10.000 pasukannya merangsek masuk ke kota Makkah. Kaum muslimin berhasil menguasai kembali Makkah tanpa terjadi pertumpahan darah.

Ini adalah sebuah kemengan besar bagi umat Muslim Sehingga sampai saat ini kekhusyukan dan kebebasan beribadah kepada Allah SWT bisa dirasakan di kota Makkah.

5. ANDALUSIA DIKUASIAI ISLAM

Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth yang dipimpin Raja Roderick. Pada tahun 711 M, pasukan Umayyah yang merupakan umat Islam yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dengan dipimpin oleh Jenderal Tariq bin Ziyad dan dibawah perintah dari kekhalifahan Umayyah di Damaskus.

Akhirnya pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan tentara Tariq bin Ziyad yang berawal dari kekalahan Raja Rodrik pada 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah.  

6. ISLAM MASUK KE EROPA

Islam adalah agama terbesar kedua di Negara Eropa setelah Kristen. Meskipun mayoritas masyarakat Muslim di Eropa saat ini adalah imigran, terdapat penduduk pribumi asli Eropa yang memeluk Islam di Balkan.

Dalam sejarah disebutkan bahwa berkembangnya Islam atau masuknya Islam ke Benua Eropa diawali dengan adanya perang Zulaaqoh di Andalusia, dimana sekarang telah berganti nama menjadi Negara Portugal dan Spanyol.

Pasukan Islam yang dipimpin oleh panglima perang Yusuf bin Yasyfin harus berhadapan dengan tentara Perancis yang dipimpin oleh Alfonso 6 dan itu terjadi pada bulan Ramadhan.

7. KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

Iya, kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 terjadi pada bulan Ramadhan.

Jikalau ditelisik mungkin saja para pendahulu kita memilih bulan Ramadhan bukan karena kebetulan semata, melihat bahwa memang para pendahulu dan pahlawan kita pada zaman dahulu banyak dari para kalangan ahli agama, baik kyai maupun santri.

Itu tadi beberapa fakta seputar peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan Ramadhan, semoga pada bulan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang, Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan berkahnya kepada kita semua, sehingga kita bisa mendapatkan kemenangan yang hakiki. Amiin.

Baca juga: 5 Perkataan Rasulullah SAW Tentang Ujian Dalam Hidup.

Penulis: Akhlis Azamuddin

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog