5 pesantren terbesar di Indonesia

5 pesantren terbesar di indonesia
Pergaulan anak di era sekarang telah mencapai stadium akhir. Pola pikir kacau, gaya berpakaian, prilaku, sex bebas, tawuran telah menjamah kehidupan mereka. Maka hadirlah sebuah sistem pendidikan pesantren sebagai penyelamat generasi-generasi bangsa dan agama. Di Indonesia terdapat Pesantren-pesantren besar

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pergaulan anak di era sekarang telah mencapai stadium akhir. Pola pikir kacau, gaya berpakaian, prilaku, sex bebas, tawuran telah menjamah kehidupan mereka.

Mereka seolah bertindak sesuka hati sesuai keinginan mereka tanpa terbatasi. Tentunya hal itu karena faktor pendidikan dan pengawasan yang sangat kurang.

Maka hadirlah sebuah sistem pendidikan pesantren sebagai penyelamat generasi-generasi bangsa dan agama. Di Indonesia terdapat Pesantren-pesantren besar , dintaranya :

1. Gontor,Ponorogo

Pondok yang beridiri di Ponorogo yang didirikan oleh KH Ahmad Sahal, KH Imam Zarkasy, dan KH Zainunndin Fananie pada tahun 1926, dan merupakan pondok pertama yang menggunkan sistem pesantren modern. Gontor telah melahirkan beberapa tokoh besar agama, seperti; KH Hidayat Nur wahid, KH Luqman Hakim,KH Din Syamsuddin, KH Hasyim Muzadi dan asih banyak lagi.

2. Tebuireng,Jombang

Pesantren yang didirikan oleh ulama besar sekalaigus pendiri Nahdlatul Ulama yaitu KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899. Presiden ke empat kita KH Abdurrahman Wahid juga lahir dari pondok ini.

3. Darunnajah,Jakarta

Darunnajah adalah pondok yang didirikan oleh salah satu alumni Gontor. dan merupakan pondok terbesar dan te-Exsis di ibu kota. Pesantren ini didirikan pada tahun 1974 oleh KH Abdul Manaf Mukhayyar, KH Qomaruzzaman, dan KH Mahrus Amin.

4. Sidogiri,Pasuruan

Pondok besar yang didirikan oleh KH Sayyid Sulaiman dan KH Aminullah pada tahun 1745 di Pasuruan dengan sistem salafi. Selain itu pondok ini terkenal dengan BMT terbesar di indonesia yang dimikinya.

5. La Tansa,Banten

Banyak yang kenal pondok ini karena salah satu alumninya yang menjadi musisi ternama yaitu Wali Band. Pendiri Pesantren ini adalah KH Ahmad Rifa’i Arief yang didirikan di kota Banten.

6. Lirboyo, Kediri

Pesantren Lirboyo berdiri pada tahun 1910,yang didirikan oleh KH. Abdul Karim. Pondok ini telah berdiri sebelum kmerdekaan Indonesia, bahkan pernah ikut berjuang meraih kemerdekaan dengan mingirim para santrinya pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya

Baca Juga: 7 PERSIAPAN MENJELANG BULAN RAMADHAN

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog