20 manfaat jalan kaki 30 menit sehari

manfaat jalan kaki
Jalan kaki merupakan aktivitas ringan yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Jalan kaki tiga puluh menit sehari dapat menjauhkan diri kita kita dari dokter. koq bisa? apa saja manfaat jalan kaki?

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Jalan kaki merupakan aktivitas ringan yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Jalan kaki tiga puluh menit sehari dapat menjauhkan diri kita kita dari dokter. koq bisa? apa saja manfaat jalan kaki?

Manfaat dari kegiatan fisik ringan ini memang lah banyak sekali, mulai dari mengurangi stress, membantu mengurangi berat badan sampai bisa menurunkan kolesterol.

Penulis buku The Doctor on Demand Diet, dokter Melina B. Jampolis mengatakan: “Walking is the number one sport I recommend for most of my patients because it’s the easiest to do. Requires nothing but a pair of tennis shoes”

Menurutnya jalan kaki tiga puluh menit sehari yang dilakukan secara teratur merupakan hal terbaik dan mudah yang bisa kita lakukan untuk kesehatan tubuh kita. Lalu, mari kita simak apa saja 20 manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari.

Manfaat jalan kaki 30 menit sehari

  1. mengurangi resiko serangan jantung
  2. menjaga berat badan tubuh
  3. mengurangi level stress
  4. meningkatkan level energi
  5. mengingkatkan mood kamu
  6. membantu memompa darah lebih lancar
  7. dapat mencegah obesitas
  8. dapat mencegah kegelisahan
  9. dapat meningkatkan fungsi paru – paru
  10. meningkatkan akses tubuh untuk menyerap vitamin D
  11. dapat mengurangi resiko kanker
  12. meningkatkan kualitas tidur
  13. memberimu waktu untuk belajar perawatan diri
  14. meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh
  15. dapat meningkatkan kulaitas hidup
  16. dapat mengurangi resiko diabetes
  17. dapat mengasah kreativitas
  18. dapat memperkuat otot dan tulang
  19. dapat meningkatkan tekanan darah
  20. meningkatkan immune sistem

wah, ternyata tanpa kita sadari banyak sekali manfaat jalan kaki, setelah tahu manfaat – manfaat diatas tentunya kita tidak akan malas malasan lagi untuk melakukan kegiatan fisik yang super ringan tersebut.

dilansir dari laman kompas bahwasannya beberapa manfaat diatas telah dibuktikan penelitian dengan peserta lebih dari seribu laki – laki dan perempuan.

para ahli menemukan bahwa peserta yang melakukan kegiatan rutin berjalan kaki 30 menit sehari atau setidaknya melakukan jalan kaki lima kali seminggu, lebih jarang sakit.

mereka yang melakukan rutinitas jalan kaki ketika sakit, waktunya cenderung sebentar dan gejala yang ditimbulkan lebih ringan.

resiko terkena penyakit saat immune tubuh mereka melemah bisa menurun sebanyak 43 persen dari pada orang yang kegiatan olahraganya cuma seminggu sekali.

bahkan dilansir dari laman kementerian kesehatan republik indoensia bahwa sannya manfaat jalan kaki adalah:

  1. rata rata jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai dua menit.
  2. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan
  3. Jalan kaki cepat dari 20-25 menit 3 akan memberikan kondisi yang baik bagi jantung dan paru-paru
  4. Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru, membakar lemak dalam tubuh
  5. Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar 5 kalori lebih cepat
  6. Membantu mengurangi stres
  7. Memperlambat 7 penuaan
  8. Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
  9. Membantu menurunkan tekanan darah
  10. Membantu mengontrol dan mencegah diabetes
  11. Memperkuat otot kaki, paha, dan tulang

sebuah penelitian di stanford university tahun 2017, rata rata penduduk dunia berjalan 4.961 langkah perhari, orang hongkong adalah orang yang paling rajin jalan kaki yakni 6.880 langkah perhari, orang indonesia adalah yang paling malas jalan kaki, yaitu 3.513 langkah perhari.

kenapa koq orang indonesia malas jalan kaki? mungkin karena kondisi trotoar sempit, berlubang, dan sangat sering dijadikan lahan parkir. mungkin juga karena lebih suka mengendarai kendaraan pribadi.

bagi anda yang tertarik untuk melakukan rutinitas jalan kaki 30 menit sehari, ada beberapa saran dan tips yang bisa anda coba.

gunakan rute yang dekat dengan rumah agar lebih praktis, tidak harus jauh ke lapangan atau ke tempat umum, cukup dekat rumah lebih mudah dan lebih praktis.

tidak usah menggunakan alas kaki juga tidak mengapa, kalau kata orang dulu itu lebih sehat karena merangsang syaraf syaraf yang ada pada telpak kaki kita.

jangan lupa untuk minum air putih secukupnya sebelum dan sesudah melakukan jalan kaki 30 menit diatas. usahakan untuk minum dari gelas tembaga karena ternyata minum air dari gelas tembaga juga banyak sekali manfaatnya.

salah satu manfaat dari minum dari gelas tembaga adalah membunuh bakteri dalam air, membantu menstimulus otak, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga: Takut racun dalam hati? 12 Makanan ini bisa membersihkannya

Baca Juga

silaturahmi keluarga barko
Sejarah
Ihsan Fauzi

Silaturahmi Keluarga Barko 1 dekade

Pada tanggal 5 syawwal 1442 / 17 Mei 2021 segenap keluarga besar Barko (Alumni Gontor tahun 2011, konsulat ponorogo) mengadakan silaturahmi di kediaman al- ustadz Akhlis Azzamuddin Tifani, acara dihadiri seluruh anggota yang sedang berada di ponorogo, silaturahmi rutin tahunan ini diharapakan akan terus menjadi adat yang akan selalu diadakan hingga anak cucu nanti.

Read More »

Mau Usahamu berkembang cepat?

Bikin semua media promosimu di barko publishing

Barko Blog